Bahaya Vitamin C Jika Dikonsumsi Berlebihan

Memang semua makanan yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik, termasuk Bahaya Vitamin C Jika Dikonsumsi Berlebihan yang dapat memberi efek buruk juga pada kesehatan dan fungsi organ didalam tubuh, seperti dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.

Banyak sekali sumber vitamin C yang bisa kita dapatkan, mulai dari buah-buahan dan sayuran hingga suplemen. Meski banyak sekali manfaat yang diberikan oleh vitamin C, tetapi jika terlalu berlebihan (overdosis vitamin C) juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahaya Vitamin C Jika Dikonsumsi Berlebihan

Vitamin C merupakan vitamin yang larut didalam air, dengan salah satu manfaatnya adaah untuk membantu tubuh dalam menyerang zat besi. Setiap orang perlu mengkonsumsi vitamin C secara teratur karena tubuh tidak dapat memproduksi maupun menyimpan vitamin C.

Manfaat Vitamin C Untuk Tubuh

 

Manfaat vitamin C sangat penting dalam mendukung pertumuhan badan. Selain itu, vitamin C membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu pembentukan jaringan ikat. Vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayur. Seperti, brokoli, strawberry, dan cabai merah. selain dari sayur dan buah, berbagai manfaat vitamin C juga dapat diperoleh dari produk suplemen.

Dibutuhkan dosis vitamin C lebih tinggi untuk perokok, ibu hamil, dan ibu menyusui. Penderita kondisi tertentu misalnya methemoglobinemia, juga memerlukan vitamin C dengan dosis lebih tinggi.

Bahaya Vitamin C Jika Dikonsumsi Berlebihan

 

Dosis vitamin C yang direkomendasikan untuk dikonsumsi orang dewasa salah 65-90 miligram perhari. Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C melebihi jumlah tersebut, tetapi justru dapat menimbulkan berbagai efek samping.

Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah yang berlebihan (vitamin C megadosis). Yaitu :

  • Diare
  • Muntah
  • Mual
  • Nyeri Ulu hati
  • Kram dan Sakit Perut
  • Insomnia
  • Batu Ginjal
  • Sakit Kepala

Biasanya efek samping tersebut akan mereda segeral setelah konsumsi vitamin C dihentikan. Tapi harus diperhatikan juga, para peneliti menemukan bahwa konsumsi vitamin C terlalu banyak dimasa kehamilan, dapat menyebabkan sakit perut dan meningkatkan risiko mengalami kelahiran prematur.

Pada kasus yang sangat jarang terjadi, vitamin C dalam dosis terlalu tinggi berisiko menyebabkan hiperoksaluria, yaitu gangguan kesehatan serius saat asam oksalat yang diekskresikan didalam urine terlalu banyak sehingga meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

Untuk meminimalkan risiko kelebihan vitamin C, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitmain C dari erbagai sayur dan buah dibandingkan dari suplemen vitamin C. Pastikan juga untuk mengkonsumsi minimal satu macam makanan kaya vitamin C setiap harinya, seperti jeruk,yuzu, kiwi, atau strawberry.

Meskipun memang sifatnya semua vitamin itu sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama vitamin C. Ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek samping pada tubuh. Semoga saja artikel yang sudah saya tulis tentang Bahaya Vitamin C Jika Dikonsumsi Berlebihan dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

RICALINU ASLI

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins