Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

Disini saya akan menulis beberapa jenis Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 . Kenapa vitmain B12 ? Karena mempunyai khasiat dan peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan kesehatan sistem saraf.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

Asupan vitamin B12 harian harus terpenuhi. Tetapi, setiap orang berbeda-beda kebutuhannya dan tergantung pada usia. Anak usia 1-8 tahun membutuhkan sekitar 0,9-1,2 mcg vitamin B12 perhari. Remaja dan dewasa membutuhkansekitar 2,4 mcg perhari. Ibu hamil membutuhkan sektiar 2,6 mcg, sedangkan ibu menyusui membutuhkan sekitar 2,8 mcg perhari.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B12

Kebutuhan vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang mengandung vitamin B12, seperti :

  • Kerang

Dalam 85 gram kerang matang, terkandung sekitar 84 mcg vitamin B12. Mengkonsumsi kerang dalam jumlah tersebut juga mampu memenuhi 15% kebutuhan kalium harian. Anda dapat menghidangkan kerang dengan cara disemur atau dibuat pasta. Tetapi, sebelum diolah, sebaiknya kukus atau rebus kerang selama 5 menit, hingga kulit kerang terbuka.

  • Kepiting

Sekitar 85 gram kepiting mengandung 10 mcg vitamin B12. Selain mengandung vitamin B12, daging kepiting juga mengandung vitmain A, B, C, dan Magnesium. Kepiting dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau sebagai bahan campuran salad.

  • Ikan Sarden

Pada 85 gram ikan sarden mengnadung 7,5 mcg vitamin B12. Selain itu, ikan sarden juga mengnadung banyak kalsium vimtain D, dan asam lemak omega-3.

  • Ikan Salmon

Daging ikan salmon kaya dengan protein dan asam lemak omega-3. Dalam 85 gram salmon, terkandung sekitar 5 mcg vitamin B12. Untuk mendapatkan manfaat kandungan salmon secara optimal, masaklah salmon dengan cara dipanggang.

  • Ikan Tuna

Dalam 85 gram tuna, terkandung 2,5 mcg vitamin B12. Mengkonsumsi ikan tuna dalam jumlah tersebut sudah dapat mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian anda.

Selain itu, ikan tuna mengnadung vitmain D dan kaya dengan asam lemak omega-3. Dalam ikan tuna, terkandung juga Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

  • Daging Sapi

Selain mengandung zat besi, daging sapi juga mengandung vitamin B12. Dalam 85 gram daging sapi, setidaknya terkandung 1,3 mcg vitamin B12. Daging sapi merupakan sumber protein dan vimtain B2 (riboflavin) yang mampu meringankan gejala sindrom premenstruasi.

Meski daging sapi mengandung berbagai macam nutrisi, sebaiknya jangan mengkonsumsi terlalu banyak atau berlebihan. Karena mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi daging sapi, konsumsilah salam jumlah secukupnya dan kombinasikan dengan sayuran atau biji-bijian utuh yang mengandung banyak serat.

  • Susu

Dalam 1 gelas susu rendah lemak, terkandung 1 mcg vitamin B12. Susu juga mengandung kalsium dan vitamin D yang dapat mencegah gejala sindrom premenstruasi. Wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak setiap hari memilki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami masalah ovulasi.

  • Yoghurt

Sekitar 225 gram yoghurt rendah lemak mengandung 1mcg vitamin B12. Yoghurt mengandung kalsium, magnesium, dan protein yang dapat membantu mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi. Kandungan probiotik yang ada didalam yoghurt juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Pilihlah yoghurt yang rendah lemak. Yoghurt dapat dikonsumsi dengan menambahkan kedalam smoothie atau mencampurkannya dengan gandum, buah, atau kacang-kacangan.

  • Telur

1 butir telur rebus yang besar mengandung 0,5 vitamin B12. Telur sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan vitamin D. Kandungan tersebut penting untuk tubuh agar menyerap kalsium dan mempertahankan kekuatan tulang.

  • Daging Ayam

Dalam 85 gram dada ayam, terkandung 0,3 mcg vitamin B12. Kandungan protein didalamnya juga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Untuk kalian yang vegetarin, jangan khawatir. Vitamin B12 juga bisa didapatkan dari produk makanan nabati, seperti rumput lain, jamur, dan tempe.

Pastikan kebutuhan vitamin B12 terpenuhi dengan baik. Karena, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan mengalami kelelahan, kesemutan, gangguan pada sistem saraf, penglihatan kabur, anemia, depresi, bahkan demensia.

Sebisa mungkin, tambahkan beberapa Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 kedalam menu makan harian anda. Supaya bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12. Semoga Bermanfaat

RICALINU ASLI

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins