Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Kismis merupakan produk olahan dari buah anggur yang dikeringkan. Selain rasanya yang lezat, Manfaat Kismis Untuk Kesehatan juga tidak boleh dilewatkan. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui manfaat kismis.

Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Kismis dapat muncul dalam berbagai warna, mulai dari cokelat, kuning, sampai ungu kehitaman. Karena rasa dan bentuknya yang manis, kismis sering dikonsumsi sebagai camilan sehata atau digunakan sebagai topping makanan, seperti pda muffin, roti, salad, sereal, dan yoghurt.

Kandungan Nutrisi Pada Kismis

Dalam 28 gram (±3 sendok makan) kismis terdapat 84 kalori dan berbagai macam nutrisi lain, seperti :

  • Karbohidrat dan Gula
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C dan Vitamin B6
  • Mieral seperti Zat besi, Magnesium, dan Kalsium

Selain itu, kismis juga tinggi dengan kandungan antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung didalam kismis adalah fenol dan polifenol.

Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Dibawah ini ada berbagai macam manfaat kismis untuk kesehatan tubuh secara umum :

  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Serat yang terkandung dalam kismis dapat melancarkan pencernaan. Serat dapat mengikat dan melunakkan tinja didalam usus, sehinga tinja lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain itu, kismis juga mengandung prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik didalam usus. Dengan buang air besar yang lancar dan terjaganya jumlah bakteri baik didalam usus, kesehatan saluran pencernaan secara juga akan terjaga.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Beberapa kandungan nutrisi dalam kismis, seperti asam oleanolat, asan linoleat, dan asam linolenat, mempunyai sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini dapat bermanaat untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kismis juga mengandung kalsium dan boron. Kedua mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian. Mineral ini juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya terjadinya seiring bertambahnya usia.

  • Mencegah Anemia Defisiensi Zat Besi

Anemia defisiensi besi adalah kondisi yang cukup umum terjadi di Indonesia. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya kadar zat besi didalam tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Kismis kaya akan zat besi sehingga cocok dijadikan sumber nutrisi untuk meningkatkan asupan akan mineral ini.

  • Mencegah Penyakit Kronis

Kandungan antioksidan didalam kismis, seperti fenol dan polifenol, bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih pada tubuh. Radikan bebas berlebih yang dibiarkan begitu saja berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA. Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Berbagai macam Manfaat Kismis Untuk Kesehatan diatas bisa diraskan jika dibarengi dengan pola makan bergizi seimbang dan gaya hidup sehat. Tetapi, harus diperhatikan juga. Buah yang dikeringkan, seperti kismis, biasanya mengandung gula dan kalori yang lebih tinggi dariapda buah utuhnya.

Oleh karena itu, perhatikan jumlah kismis yang diamakan. Dalam 1 sendok makan kismis kira-kira terdapat 5 gram gula. Sesuaikan jumlah ini dengan batasan konsumsi gula anda perhati. Semoga bermanfaat

RICALINU ASLI

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins