Segudang Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

Rasa yang gurih dan renyah dari kacang arab ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Kacang arab ini termasuk kedalam kelompok legume, sama seperti kacang tanah dan kacang merah. Dan inilah Segudang Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan, tetapi relatif rendah kalori.

Segudang Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

Kacang Arab yang mempunyai nama Kacang Garbanzo atau Chickpea, tetapi karena kacang ini tumbuh di negara-negara Timur Tengah dan sering kali dijadikan oleh-oleh khas dari Makkah, maka lebih dikenal dengan nama kacang Arab di Indonesia.

Berbagai macam manfaatnya bisa dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. Kacang Arab termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan yang dapat menjadi sumber protein nabati. Selain itu, kacang arab juga mengandung nutrisi lainnya, seperti serat, karbohidrat, asam folat, zat besi, fosfor, mangan, kalium, dan magnesium.

Segudang Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan

Kacang Arab dapat dijadikan tambahan dalam sup, salad, atau sandwich. Tetapi, kacang ini juga bisa dimakan sendiri sebagai camilan sehat yang tidak hanya lezat, teapi juga membawa banyak manfaat.

Dibawah ini, ada beberapa manfaat kacang arab yang bisa kalian dapatkan, seperti :

  • Mengontrol Berat Badan

Kalori dalam kacang Arab relatif rendah, sehingga mengkonsumsi kacang ini tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Selain itu, protein dan serat yang ada pada kacang arab juga berperan dalam meningkatkan prose metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Dengan demikian, berat badan akan lebih terkontrol.

  • Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang arab ini memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis. Dengan demikian, bisa terhindar dari risiko penyakit diabetes. Tidak hanya itu, kandungan serat dan protein didalamnya mampu mengendalikan metabolisme gula darah. Serat dapat melambatkan penyerapan gula didalam usus, sementara protein diketahui dapat mengaktivasi proses metabolismne gula dalam tubuh.

  • Mendukung Fungsi Sistem Pencernaan

Kandungan serat didalamnya mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat pada usus. Hal ini dapat mengurangi risiko berbagai masalah pencernaan, mulai dari sembelit, irritable bowel syndrome, sampai kanker usus besar.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Serat, magnesium, dan kalium yang terdapat dalam kacang arab mempunyai peran yang sangat besar terhadap kesehatan jantung. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dua faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Dengan mengkonsumsi kacang Arab secara rutin, dipercaya dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya jenis kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara. Manfaat kacang arab ini bersar dari kandungan saponin yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Selain itu, kacang arab juga dapat meningkatkan produksi butirat didalam tubuh. Butirat merupakan asam lemak yang berpotensi untuk mengurangi peradangan pada sel-sel di usus besar, sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

Segudang Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan diatas masih perlu diteliti lebih lanjut lagi. Tidak ada salahnya, melibatkan kacang yang kaya dengan nutrisi ini dalam menu harian atau camilan anda.

Akan tetapi, jika mempunyai alergi terhadap legum, seperti kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang polong, kemungkinan besar juga akan alergi pada kacang arab. Jadi, penting untuk mengatasi ada tidaknya reaksi alergi setelah makan kacang arab.

Semoga saja apa yang sudah saya tulis diatas dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih

RICALINU ASLI

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Plugin from the creators ofBrindes :: More at PlulzWordpress Plugins